Sekretaris Kopertais: Dosen/Guru yang Baik Adalah yang Mencintai Pekerjaannya

SWARNANEWS.CO.ID, LUBUK LINGGAU | Sekretaris Kopertais (Koordinasi Perguruan Tinggi Agama Islam) Wilayah VII Sumatera Bagian Selatan, DR H Ahmad Zainuri memberikan tips bagi pengajar baik dosen maupun guru yang ada di lingkungan Kopertais Wilayah VII. Hal ini disampaikan di sela-sela kegiatan menghadiri wisuda IAI Al-Azhar Lubuklinggau dan kunjungan silaturahmi ke STAI Bumi Silampari Lubuklinggau (19/12/2020).

“Tips menjadi dosen yang baik adalah mencintai pekerjaan,” ujar Ahmad Zainuri.

Ahmad Zainuri, menyampaikan bahwa sebelumnya pernah menjadi guru teladan tingkat nasional. 2005-2006 jadi kepala madrasah tingkat nasional, karena mencintai profesi yang ada dengan mencintai tugas kita.

“Jaga tempat kerja kita sehingga nanti lebih baik lagi agar mahasiswa banyak yang daftar. Misalnya setiap tahun ada peningkatan alumni yang masuk PNS. Lalu dimasukkan data-data tersebut untuk dipromosikan sehingga menunjukkan nilai tambah perguruan tinggi kita. Syukur-syukur kita bisa membuat income sendiri untuk mengembangkan kampus selain dari SPP mahasiswa. Bagaimana kita mengembangkan kampus agar income kampus bertambah. Perguruan tinggi harus lebih baik dengan meng-upgrade dosen yang ada. Kampus harus mengusulkan dosen untuk mendapatkan sertifikat dosen (serdos). Harapan kita kedepan, sangat diperlukan data sertifikasi dosen. terlebih dahulu punya NIDN ( Nomor Induk Dosen Nasional). syarat lain adalah memiliki tulisan-tulisan dalam artikel atau jurnal. Dosen itu mengkoordinir mahasiswa dalam belajar mengajar, mahasiswa diarahkan untuk berkreatifitas dan pada akhirnya juga dapat membuat tulisan sebagai bentuk output akademik,” ungkap Zainuri.

Teks: Supriadi
Editor: Sarono PS

!-- Composite Start -->

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait