Sempat Diwarnai Isu Money Politik, 12 Kades Terpilih Dilantik Akhir Tahun

SWARNANEWS.CO.ID, PALI | Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak 12 desa di Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) pada Rabu (27/10/2021) kemarin telah selesai dilaksanakan.

Hasil Pilkades serentak di Bumi Serepat Serasan ini sudah diketahui pemimpin di masing-masing desa meski tengah proses pemungutan suara sempat diwarnai Isu Money Politik.

Namun demikian proses tahapan pemungutan serta penghitungan suara pada Pilkades serentak di 12 desa tersebut berjalan lancar dan kondusif.

Kepala DPMD PALI A Gani Akhmad melalui Kabid Pemerintahan Desa (Pemdes) Rizal Pahlevi berkata bahwa tahapan pengumuman secara resmi calon Kades terpilih belum dilakukan Panitia Pilkades.

Hal ini lantaran akan terlebih dahulu dilaksanakan rapat pleno oleh BPD dan akan disampaikan ke Bupati paling lambat tanggal 5 November 2021 melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) kabupaten PALI.

Rizal mengaku bahwa memang ada satu desa yang keberatan atas hasil Pilkades, yaitu Desa Tambak kecamatan Penukal Utara. Hanya saja, kasusnya bukan pada penghitungan suara tapi adanya dugaan money politik.

“Kalau memang ada keberatan, silahkan sampaikan pada saat penghitungan suara. Dan kami menunggu selama tiga hari setelah hari pemungutan suara apabila ada gugatan. Kalau yang ada di desa Tambak itu masuk ke ranah hukum apabila terbukti,” ujarnya, Selasa (2/11/2021).

Sementara Untuk proses pelantikan, lanjut Rizal, sesuai tahapan akan dilaksanakan tanggal 17 Desember 2021.

Namun demikian, tahapan pelantikan akan disesuaikan dengan jadwal kegiatan Bupati.

“Jika tidak ada permasalahan atau gugatan. Tetapi mudah-mudahan, tidak ada permasalahan lagi karena hasil rekapitulasi penghitungan suara di TPS sudah ditandatangani ketua KPPS dan panitia Pilkades serta saksi, hanya desa Tambak yang salah satu saksi Cakades tidak menandatangani, tetapi itu tidak membatalkan hasil pemungutan suara,” jelasnya.

Adapun hasil Pilkades di 12 desa di PALI adalah :

1. Benakat Minyak kecamatan Talang Ubi : Edi Suprapto
2. Sinar Dewa kecamatan Talang Ubi, Husin Bambang Wibowo
3. Tambak kecamatan Penukal Utara, Baria
4. Sukarami kecamatan Penukal Utara, Sarlison
5. Kota Baru kecamatan Penukal Utara, Yusri Qolbi
6. Karang Tanding kecamatan Penukal utara, Asnawi
7. Raja kecamatan Tanah Abang, Aswin
8. Raja Jaya kecamatan Penukal, Supariadi
9. Betung Barat :kecamatan Abab, Rozali
10. Spantan Jaya kecamatan Penukal, Hamsori
11. Suka Raja kecamatan Tanah Abang Rahim Arwi
12. Purun kecamatan Penukal, Nur Efendi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait