Sempat Tertunda Akibat Covid-19, Lahan Transmigrasi PALI Akan Terealisasi Tahun Ini

SWARNANEWS.CO.ID, PALI| Pembukaan lahan transmigrasi di wilayah Bumi Serepat Serasan tepatnya di Desa Tempirai Selatan kecamatan Penukal Utara Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) yang sempat tertunda akibat pandemi covid-19, dimana tahap awal seluas 900 hektar segera direalisasikan pemerintah pusat tahun ini.

Hanya saja pembukaan lahan transmigrasi dilaksanakan secara bertahap, tahap awal pembangunan lahan transmigrasi tahun ini rencananya akan dibuka jalan lingkungan serta jembatan sebagai akses dalam lokasi transmigrasi.

Hal itu dikemukakan Usmandani, kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten PALI, saat dijumpai media ini di ruang kerjanya, Senin (26/4/21).

“Pembangunan lokasi transmigrasi tahap awal, yaitu pembukaan jalan lingkungan desa sepanjang 1,38 KM dan jembatan,” ungkapnya.

Di samping itu, dijelaskan Usmandani bahwa balai desa atau balai pertemuan dan sejumlah fasilitas umum lainnya juga akan dibangun.

“Semuanya dianggarkan dari pemerintah pusat. Tahap selanjutnya, tahun depan dijadwalkan pembangunan pemukiman bagi transmigran dan tahap awal bakal menampung 50 KK dengan rincian 60 persen transmigran lokal dan 40 persen transmigran dari luar wilayah PALI,” jelasnya.

Usmandani berharap pada saat pelaksanaan proyek pembukaan lahan transmigrasi didukung semua lapisan masyarakat.

“Alhamdulillah semua syarat administrasi baik lahan dan lainnya telah selesai, tinggal pelaksanaan. Kalau tahap awal ini sukses, Insyaallah akan ditambah lagi oleh pemerintah pusat. Untuk itu perlu didukung agar pelaksanaannya bisa berjalan sesuai perencanaan,” harapnya.

Teks : Sangkut
Editor : Sarono PS

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait