Serap Aspirasi Warga Anggota DPRD Kota Lubuklinggau Agus Hadi Kembali Gelar Reses

 

SAWARNA NEWS.CO.ID, LUBUKLINGGAU | Guna menyerap dan menindaklanjuti aspirasi masyarakat dalam daerah pemilihannya (Dapil), anggota DPRD Kota Lubuklinggau, Provinsi Sumatera Selatan, H Agus Hadi, S.Pdi, menggelar Reses I tahun 2021, Jumat, 12/3/2021.

Acara yang berlangsung di Rumah Aspirasi Pemberi Solusi merupakan kediaman H Agus Hadi di RT04 Kelurahan Pasar Satelit Kecamatan Lubuklinggau Utara II, Kota Lubuklinggau berlangsung meriah tapi tertib dan menerapkan Prokes Covid-19.

Dari panitia yang merupakan keluarga besar dan penyokong gerakan politik Agus Hadi diketahui acara berlangsung sejak pagi hari namun kegiatan resminya dimulai pukul 14.00 WIB.

“Ya, acara kita sejak pagi hari diisi dengan paket hiburan. Sedangkan acara resminya mulai pukul 14.00 WIB”, ungkap Habibi putra pertama H Agus Hadi.

Hadir dalam kegiatan ini Pemuka Agama, Lurah, Ketua RT, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat, Tokoh Perempuan, Tokoh Pemuda, Insan Pers, staf sekwan pendamping reses, serta keluarga besar H Agus Hadi sendiri.

Bertindak memberikan sambutan perwakilan masyarakat yang hadir H Jauhari, S.Ag, mengungkapkan bahwa acara ini dihadiri berbagai elemen masyarakat tentu saja berharap dapat menyampaikan aspirasinya kepada H Agus Hadi selaku anggota dewan yang mewakili masyarakat di DPRD Kota Lubuklinggau. Khususnya masyarakat di Dapil II, meliputi Kecamatan Lubuklinggau Utara I dan Lubuklinggau Utara II.

“Terimakasih atas undangan saudara Agus Hadi dalam acara Reses I tahun 2021 ini. Hal ini pula bukti nyata bahwa salah satu anggota dewan yang mau dengan sungguh-sungguh menyerap dan memperjuangkan aspirasi masyarakat khususnya konstituennya”, ungkap Jauhari.

Pada sesi acara resmi ini diawali dengan doa oleh Pemuka Agama, H Imam Nawawi, kemudian diteruskan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dengan dirigen atau konduktor Intan Kesuma Bangsawan dari staf sekwan DPRD Kota Lubuklinggau yang juga pendamping reses.

Sementara H Agus Hadi dalam orasi politiknya mengawalinya dengan menjelaskan arti sederhana reses, yaitu kegiatan resmi anggota dewan di luar gedung dewan. Tujuannya untuk menyerap serta menindaklanjuti aspirasi masyarakat di Dapilnya masing-masing.

“Reses ini juga sebagai salah satu bentuk pertanggungjawaban anggota dewan kepada masyarakat yang diwakilinya”, ungkap Agus.

Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang dikenal militan dan tidak pernah menyerah ini juga mengingatkan konstituennya bahwa jangan sungkan-sungkan dalam mengisi formulir usulan aspirasi yang sudah disiapkan.

Berikut sekilas mengenai sosok H Agus Hadi yang dikenal dengan politisi yang ulet dan tidak mudah menyerah. Pada usianya yang ke-52 tahun masih ‘Terus Bergerak’ demikian tagline politiknya belakangan ini. Suami Hj Hermawati yang dikaruniai lima orang putra dan putri dan juga memiliki lima orang cucu, tercatat sudah lima kali ikut kontestasi sengit perebutan kursi dewan.

“Alhamdulillah pada pencalegan yang ke lima baru berhasil merebut kursi DPRD Kota Lubuklinggau”, ungkap Agus Hadi.

Agus juga mengungkapkan alasan dirinya terus bergerak menyerap dan memperjuangkan aspirasi masyarakat latarbelakang kehidupannya yang banyak rasa dan pengalaman getir selaku warga biasa pada umumnya.

Sosok politisi ramah dan humoris ini pernah mengemban mandat warga sebagai Ketua RT 04 Kelurahan Megang. Juga pernah menjadi Pembantu Pegawai Pencatat Nikah (P3N). Ia juga sudah menjalani profesi penarik becak, ngojek dan jadi pegawai toko di Pasar Inpres Lubuklinggau yaitu Toko Sakinah.

Kembali ke kegiatan Reses I tahun 2021, Agus menghimbau konstituennya agar tak bosan dalam mengajukan usulan melalui saluran dan ruang yang dirinya sediakan.

“Jangan bosan boleh jadi pada reses sebelumnya sudah pernah hadir dan mengajukan usulan atau menyampaikan aspirasi. Tapi pada kesempatan ini kembali menuliskan usulan yang sama lantaran usulan yang lama belum terealisasi. Sekali lagi jangan bosan, sebab tugas anggota dewan memperjuangkan aspirasi bukan eksekutornya”, saran Agus.

Pemangku Adat Kelurahan Kali Serayu Kecamatan Lubuklinggau Utara II, Abdul Latif, SH, mempertanyakan seringnya kasus kebakaran rumah warga salah satu pemicunya adalah berantakannya kabel jaringan listrik PLN.

“Untuk itu sebagai bagian masyarakat mengusulkan penambahan dan pemasangan tiang listrik yang lebih layak serta memenuhi standar”, usul Latif.

Sementara Ketua RT 06 Kelurahan Jogo Boyo, Putri mengusulkan mengenai saluran drainase.

Herman Sawiran Alkap, Ketua RT 04 Kelurahan Batu Urip mengusulkan pengecoran atau pengaspalan jalan dalam lingkungan wilayahnya. Antara lain jalan Permai 10, 12, 12A, dan 12B dengan volume sekitar 750 M.

Kemudian lanjut Herman, pembuatan drainase di Jalan Permai 6, 10, 12, 12A dan 12B sepanjang lebih kurang 750 M.

“Saya mohon usulan ini ditindaklanjuti, sebab jalan tersebut sudah rusak, berlubang dan tergenang air. Sedangkan kiri dan kanan jalan belum tersedia saluran drainase” ungkap Herman Sawiran Alkap.

Hal senada juga diusulkan Ketua RT 09 Kelurahan Batu Urip, Qolbi dan Husni Thamrin Ketua RT 04 Kelurahan Pasar Satelit Kecamatan Lubuklinggau Utara II, Kota Lubuklinggau.

Menanggapi usulan Abdul Latif,SH, serta beberapa Ketua RT tadi, Agus Hadi berjanji akan membawanya ke Sidang Paripurna.

“Insyaallah semua usulan masyarakat akan dirumuskan lalu disampaikan di Sidang Paripurna DPRD Kota Lubuklinggau yang tidak lama lagi akan dilaksanakan”, janji Agus Hadi.

Sementara Ketua RT sekaligus penyuluh agama, H Jauhari, S.Ag, mempersoalkan lampu jalan di kawasan Lorong Kandis Kelurahan Ulak Surung Kecamatan Utara II.

Selain itu Jauhari juga mengusulkan agar ada upaya peningkatan kegiatan ekonomi masyarakat. Jangan melulu membangun bidang fisik saja. Tapi harus juga peduli dengan bidang pembangunan ekonomi masyarakat.

Dalam sesi kedua acara tanya jawab, Agus Hadi merespon semua pertanyaan masyarakat yang telah mengajukan pertanyaan. Satu persatu pertanyaan warga diresponnya.

Tidak semua pertanyaan warga tersampaikan secara lisan lantaran keterbatasan waktu, tetapi pihak panitia dan staf pendamping reses tetap mengumpulkan sejumlah pertanyaan masyarakat melalui formulir yang telah disediakan. Acara kemudian ditutup dengan menyanyikan lagu Padamu Negeri.

Teks : Rehanudin Akil
Editor : Sarono PS

!-- Composite Start -->

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait