Siap Siap Saja

Oleh : Ahmad Taswin

SWARNANEWS.CO.ID | “Siapa yang tidak mendekat kepada Allah, padahal sudah dihadiahi berbagai kenikmatan, maka dia akan diseret (agar mendekat) kepada-Nya dengan rantai cobaan.

“Saya termangu lama meqiroahi kalimat yg dinukil dari Kitab Al-Hikam, karya Ibnu Athaillah ini. Muncul dalam lamunku rasa was-was bahwa Allah tetiba merantaiku dengan cobaan, sebab betapa banyak hadiah nikmat yg kuterima selama ini yg sejatinya nikmat-nikmat itu adalah sarana untuk mendekat kepada-Nya.
Ada dua cara saja bagi Allah agar manusia mendekat kepada-Nya, yg pertama memberi manusia nikmat, jika cara ini gagal, maka tak ada cara lain selain menukarnya dengan cobaan.
Mari merenung sejenak, betapa banyak hadiah nikmat yg kita kenyam dari Allah sejak kita lahir ke alam fana ini. Bentuk yg sempurna, orangtua yg menyayangi, saudara dan keluarga yg mengasihi, tubuh yg sehat, kehidupan yg sentosa, sulit menghitungnya.
Semestinya, semua nikmat itu membuat kita selalu dekat kepada Allah sebagai wujud syukur kita, bukan sebaliknya, kita semakin jauh.
Hidup ini ibarat perjalanan mendekat menuju Allah di kampung abadi bernama akhirat. Lalu Allah membekali kita dengan fasilitas lengkap nan berlimpah ruah. Diberi-Nya peta dan petunjuk arah yg jelas agar kita terus berjalan MENDEKAT bukan memutar arah lalu MENJAUH.
Walhasil, agar kita tak semakin menjauh dan tersesat arah, Allah cabut nikmat itu lalu ditukar dengan cobaan yg mungkin saja tak mampu kita menanggungnya.
Allah akan ganti nikmat yg diberi-Nya dengan cobaan karena telah menyia-nyiakan karunia itu selama ini.
Siap-siap saja!

Editor : Sarono PS

!-- Composite Start -->

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait