SMB II Siaga Akhir Tahun

SWARNANEWS.CO.ID, PALEMBANG, 22/12 /2019 | Pengelola Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang meningkatkan keamanan menjelang Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

General Manager Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang Fahroji di Palembang, Minggu, mengatakan otoritas bandara telah menambah personel keamanan bekerja sama dengan instansi terkait yang tergabung dalam Satgas Nataru (Natal dan Tahun Baru).

“Ini untuk mengantisipasi lonjakan penumpang,” kata dia.

Ia mengatakan satgas itu bekerja mulai dari memeriksa kendaraan yang masuk ke Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II hingga bagasi keberangkatan dan kedatangan.

“Kami juga berkolaborasi dengan Polri termasuk penggunaan anjing pelacak juga turut diterjunkan untuk pengamanan menyeluruh,” ujar dia.

Fahroji mengatakan otoritas bandara wilayah VI juga telah melakukan audit terkait keamanan, fasilitas bandara hingga kelayakan angkutan udara untuk memastikan kesiapan jelang lonjakan penumpang yang diprediksi terjadi sejak H-3 ini.

“Semua fasilitas telah diaudit dan kami sendiri juga melakukan optimalisasi dan ramp check terkait peralatan di apron sesuai dengan standar atau tidak. Hasilnya Alhamdulillah beroperasi dengan baik,” ujar dia.

Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang, pihaknya juga telah menambah jumlah kapasitas kursi untuk mengkondisikan apabila ada penumpukan penumpang mengingat prediksi peningkatan penumpang berkisar lima persen.

Sementara itu, jam operasional Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II akan tetap seperti biasa mulai dari pukul 05.00 hingga 24.00 dini hari.

“Dengan kapasitas bandara mencapai 3,4 juta penumpang per tahun dan kapasitas apron 14 parkir standing, mudah-mudahan bisa kami manage selama operasional Natal dan Tahun Baru,” kata dia.

Sementara itu Kepala Kantor AirNav cabang Palembang Ari Subandiro mengatakan lonjakan penumpang diperkirakan relatif sama seperti momen Natal dan Tahun Baru pada 2018.

“Posko pemantauan sudah kita bukamulai 19 Desember 2019 hingga 6 Januari 2020,” kata dia.

Sementara itu selama masa angkutan Natal dan Tahun Baru 2020, sebanyak 200 personil TNI Angkatan Udara (AU) Lanud Sri Mulyono Herlambang diterjunkan untuk pengamanan di sejumlah titik mulai dari Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II dan tergabung dalam satgas pengamanan terpadu.

Komandan Lanud SMH Kolonel Pnb Firman Wirayuda mengatakan sebanyak 200 personel itu akan dibagi-bagi di sejumlah lokasi.

“Ada yang di BKO-kan, ada yang tergelar. Kami juga menerima Bawah Kendali Operasi (BKO) dari TNI AD, AL, Polri dan dari stakeholder lainnya untuk membantu pengamanan,” kata dia.

Teks/Editor : Antara/Asih

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait