Tamrin : Tekad Kami, Warga Yang Tinggal Di RTLH Jangan Ada Lagi

SWARNANEWS.CO.ID, BANYUASIN | Desa Lubuk Lancang Kecamatan Suak Tapeh Kabupaten Banyuasin, untuk tahun 2021 ini akan mengalokasikan sebagian Dana Desa (DD) guna merehab tujuh Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), milik warga yang tersebar di tujuh dusun.

“Tekad kami tahun 2021 ini kami punya program prioritas yakni rehab RTLH dari alokasi DD ” ujar Rusdi Tamrin, Selasa (6/4/2021).

Tamrin menyebutkan untuk tahun ini jumlah RTLH yang akan direhab sebanyak tujuh rumah. Lebih banyak dari tahun sebelumnya yang hanya tiga unit rumah.

“Kami punya target, tak ada lagi warga yang tinggal di rumah tak layak huni, agar warga bisa nyaman dan tidak ketakutan ambruk saat menghuni rumah,” ujarnya.

Kades Rusdi Tamrin menuturkan, untuk perbaikan satu unit rumah, pihaknya menganggarkan sekitar Rp 17.5 juta. Jumlah itu mudah-mudahan jadi stimulan bagi pemilik maupun swadaya masyarakat.

“Memang jumlah tersebut masih jauh untuk bisa merehab rumah menjadi benar-benar layak. Namun, siapa tahu bisa mendorong swadaya masyarakat untuk melengkapi kekurangan yang ada. Seperti kami pernah sukses merehab empat rumah di tahun 2020. Hal itu terwujud karena dorongan masyarakat juga,” jelas dia.

Rusdi Tamrin menilai, rumah merupakan kebutuhan yang sangat penting untuk kehidupan masyarakat.

“Sebab, pada saat masyarakatnya ada yang tinggal di rumah tidak layak huni, maka keselamatannya pun pasti terancam,” tutup dia. (*)

Teks : Nasir
Editor : Maya

!-- Composite Start -->

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait