Tata Kelola BUMN Pertambangan Mendesak Dibenahi

SWARNANEWS Natural Resource Governance Institute (NRGI) menerbitkan Indeks Tata Kelola Sumber Daya 2017 yang menilai tata kelola Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di beberapa negara. Dalam laporan tersebut, dua BUMN di sektor pertambangan Indonesia yakni PT Pertamina (Persero) dan PT Aneka Tambang (Persero) Tbk masuk ke dalam kelompok dengan nilai terbaik.

Natural Resource Governance Institute (NRGI) adalah organisasi independen dan nirlaba yang membantu menyadarkan masyarakat mengenai manfaat dari kontribusi pertambangan, minyak dan gas serta mineral di daerahnya. Misi mereka mempromosikan tata kelola yang akuntabel dan efektif di industri ekstraktif.

Dari 10 komponen penilaian, Pertamina mendapat rata-rata 66 poin sedangkan Aneka Tambang (Antam) memperoleh 78 poin. Meski begitu, masih ada empat komponen penilaian yang mendesak untuk dibenahi yakni aturan laporan keuangan, praktik aktivitas non-komersil, aturan penjualan komoditas, dan keterbukaan penjualan komoditas.

Terkait aturan laporan keuangan, Pertamina mendapat poin yang lebih rendah karena hanya mengeluarkan laporan keuangan untuk pemegang sahamnya. Sedangkan nilai Antam lebih baik karena merupakan perusahaan publik yang wajib menerbitkan laporan keuangan setiap tahun.

 

Sumber: Katadata

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait