Terpanggil Mengabdi untuk Daerah Kelahiran, Solehun Maju Caleg DPRD Sumsel Dapil OKU Timur

SWARNANEWS.CO.ID, OKU TIMUR | Banyak motivasi yang melatarbelakangi seseorang maju sebagai calon legislatif (caleg) pada Pemilu 2019 nanti. Salah satunya adalah motivasi karena caleg yang bersangkutan merasa terpanggil untuk mengabdi dan memajukan daerah asal kelahirannya.

Motivasi tersebut ternyata juga dimiliki oleh Solehun, S.Pd., M.Pd yang merupakan Caleg Nomor Urut 2 dari Partai Gerindra, untuk DPRD Provinsi Sumatera Selatan Dapil Sumsel 4 OKU Timur.

“Bismillahirrahmanirrahim, dengan senantiasa memohon doa restu dan dukungan masyarakat, saya maju sebagai caleg DPRD Sumatera Selatan dari Dapil Sumsel 4 OKU Timur, daerah kelahiran saya,” ujar Solehun, putra daerah OKU Timur yang lahir di Desa Yosowinangun, Kecamatan Belitang Madang Raya, 4 Agustus 1974 ini.

Solehun mengungkapkan, selama ini banyak teman-temannya semasa di SD, SMP, dan SMA dulu yang memintanya agar mau mengabdi dan turut berpartisipasi memajukan OKU Timur melalui jalur legislatif. Bahkan permintaan seperti itu, sebut dia, juga kerap disampaikan oleh beberapa tokoh masyarakat di daerah ini.

“Saya tentunya berterima kasih dan sangat menghargai dorongan teman-teman sekolah dan tokoh masyarakat ini. Saya pun menyambutnya sebagai amanah yang harus diperjuangkan demi kemajuan daerah ini,” jelas pria yang menamatkan jenjang sekolahnya di OKU Timur.

Dari latar belakang pendidikan, Solehun menuturkan bahwa dia tamatan Madrasah Ibtidaiyah (MI) Nurul Ulum Yosowinangun tahun 1986. Selanjutnya, dia adalah alumni SMP N Karangbinangun (1989) dan SMA N 1 Belitang (1992). Pria desa yang berasal dari keluarga petani ini kemudian melanjutkan studi ke perguruan tinggi dengan mengambil Strata 1/S1 Universitas Sriwijaya (tamat 1999) dan Strata 2/S2 Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung (tamat 2002).

Lantas, apa yang akan diperjuangkan jika dia kelak diberi amanah mewakili OKU Timur di DPRD Sumsel? Pria mantan aktivis yang kini masih menjabat Ketua Umum Korp Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) Palembang ini mengaku berkomitmen untuk turut memajukan dan mensejahterakan masyarakat di Bumi Sebiduk Sehaluan melalui tugas-tugas dan kewenangan legislasinya selaku anggota dewan.

“OKU Timur itu memiliki potensi luar biasa terutama di bidang pertanian, pendidikan, dan sumber daya manusia. Melalui sinergisitas DPRD dengan Pemprov Sumsel serta Pemkab OKU Timur, potensi tersebut mesti dikelola dan didukung dengan program-program pembangunan yang menyentuh langsung kebutuhan rakyat,” ujarnya.

Dia menambahkan, pembangunan pertanian di daerah ini harus disentuh melalui program dan dukungan anggaran yang bisa memastikan terwujudnya kedaulatan pangan dan kesejahteraan petani. Sementara pembangunan dunia pendidikan mesti diarahkan kepada terwujudnya perluasan akses pendidikan yang bermutu, solutif dalam menghadapi tantangan jaman, dan kesejahteraan guru.

Terkait sumber daya manusia, lanjut Solehun, diperlukan upaya konkrit agar sumber daya ini memiliki keahlian khusus (skill), mandiri, dan mampu menciptakan peluang kerja.

“Jika persoalan sumber daya manusia ini ditangani serius, hal ini tentu akan berdampak positif bagi kesejahteraan dan pengurangan angka kemiskinan. Pada akhirnya ini juga akan menekan angka kriminalitas di daerah ini,” tegasnya.

Hal lain yang akan diperjuangkan Solehun yakni solusi atas rusaknya infrastruktur jalan provinsi yang ada di kabupaten ini.

“Jalan provinsi di OKU Timur sebenarnya sudah jelas berapa panjangnya dan berapa anggaran yang dibutuhkan untuk perbaikannya. Di sini anggota legislatif tinggal mendorong Gubernur Sumsel melalui dinas terkait untuk memprogramkannya,” pungkas mantan PNS di Biro Humas dan Protokol Pemprov Sumsel ini. (*)

Teks/editor : Sarono PS

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait