Tingkatkan Kerjasama, Kapolda Sumsel dan Rektor Unsri Lakukan MoU

SWARNANEWS.CO.ID, PALEMBANG – Universitas Sriwijaya menjalin kerja sama dengan Kepolisian Negara Republik Indonesia Daerah Sumatera Selatan, Selasa 23 Januari 2023, di Ruang Vicon Gedung utama Presisi Polda Sumsel.

Hadir dalam Kegiatan rektor Unsri Prof.Dr. Taufik Marwa, SE,. M Si beserta jajaran, Kapolda Sumsel Irjen Pol A. Rachmad Wibowo, S.Ik. beserta jajaran.

Kerjasama ini dalam rangka melaksanakan, penandatangan perjanjian kerjasama antara Universitas Sriwijaya dengan Polda Sumsel.

Usai Penandatanganan Nota Kesepahaman antara Universitas Sriwijaya dengan Polda Sumsel, saat dimintai keterangannya Kabid Humas Polda Sumsel Kombes Pol Sunarto melalui Kasubbid Penmas AKBP Yenni Diarty SIK mengatakan, dalam kerjasama nota kesepahaman/mou terkait keamanan, Polda Sumsel yang memiliki personil lebih kurang 14500.

Jumlahnya memang besar namun terbatas dalam melayani. Sehingga objek vital nasional pengamanannya tidak bisa dilakukan dengan penuh.

Menurut Alumni Akpol 2005 mengatakan, sifat pengamanannya yang diberikan Polda Sumsel kepada objek-objek vital, lebih kepada advisers dan to officer.

“Tentunya dalam pelaksanaan masih terdapat kekurangan, yang terus kami tingkatkan, sehingga menjadi tugas kepala biro SDM untuk meningkatan pengetahuan SDM sesuai kompetensinya. Sementara untuk pembinaan teknis, ada pada Dir Pamobvit,” jelasnya.

Menurutnya dalam pelaksanaan tugas Polri ada ISO (Internasional Standar Organization) 31000, tentang risk management.

Adapun kerjasama dengan Unsri ini, tentunya memiliki tujuan organasisasi. Salah satunya untuk menciptakan SDM handal, berkompenten.

Menurut Yenni, Kapolda mengatakan tujuan negara sebagai landasan dan bingkai kerja di antaranya peran lembaga negara dan institusi institusi pemerintah harus ditujukan untuk menerapkan politik hukum guna mencapai tujuan negara.

Kemudian melindungi segenap bangsa dan tumpah darah Indonesia, mencerdaskan kehidupan bangsa, serta membangun kesejahteraan umum, dan melaksanakan ketertiban dunia.

Di akhir penjelasannya Kapolda mengatakan, tujuan utama negara dimerdekakan adalah memajukan kesejahteraan umum. Hal ini bisa dicapai jika keutuhan dan kedaulatan teritorial dan ideologi dijaga/dipertahankan.

Sementara itu Rektor Unsri Prof Dr Taufik Marwa SE,MSI, menyebutkan, penandatangan nota kesepahaman (MoU) ini, berjalan baik dan lancar.

“Terima kasih atas sambutan Kapolda Sumsel beserta jajarannya dan dalam kegiatan kerjasama ini pihak rektorat mengucapkan terima kasih atas kerjasama yang sudah disupport Kapolda yang terjalin dengan baik selama ini,” ujar Taufik Marwa.

Di antaranya telah dibantu aspek managemen pengamanan objek vital. Mudah mudahan kerjasama ini bisa ditindaklanjuti dengan kegiatan lain.

Rektor Universitas Sriwijaya mengatakan, menindaklanjuti pertemuan pada kunjungan Wakapolri beberapa waktu yang lalu. Tentang Fakultas Kedokteran Unsri memohon dukungan kerjasama dengan Rumah Sakit Bhayangkara Muhammad Hasan Palembang dalam bidang pendidikan, bidang forensik, penempatan Co-a
Ass dan dokter spesialis Unsri di Rumah sakit Bhayangkara Muhammad Hasan Palembang, dapat lebih ditingkatkan lagi.

Hadir dalam kegiatan tersebut Wakapolda Sumsel Brigjen Pol M. Zulkarnain, S.I.K, M.Si, Karoops Polda Sumsel Kombes Pol. M. Anis Prasetio Santoso, S.H, S.I.K, ⁠Karo SDM Polda Sumsel Kombes Pol. Sudrajad Hariwibowo, S.I.K,M.Si, Dirpamobvit Polda Sumsel Kombes Pol. Mirzal Alwi, S.I.K.

Kabidkum Polda Sumsel Kombes Pol. Tulus Sinaga, S.I.K,M.H; Kabidhumas Polda Sumsel Kombes Pol. Sunarto, Kabag Kerma Rooops Polda Sumsel AKBP. Helda Prayitno, S.H, dan Kasubid Sunluhhukum Bidkum AKBP. Sri S, S.H, M.H;

Turut hadir mendampingi Rektor Unsri, Prof. Dr. Taufiq Marwa, S.E., M.Si, diantaranya
Wakil Rektor 1 Bid akademik, Prof. Ir. Zainuddin Nawawi, Ph.D., IPU, Wakil Rektor 4 Bid Perencaan dan Kerjasama Prof. Dr. Ir. M. Said, M.Sc, Plt Kepala Biro umum dan keuangan, Khairuddin, S.T., M.Si; Kepala Biro Perencanaan dan Hubungan Masyarakat, Dedi Supriadi, S.T., M.Si.
dan Kepala UPT Kerjasama dan layanan Internasional, Ir. Sabaruddin, M.Sc., Ph.D. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 komentar