Uji Beban Jembatan Musi VI, Tahun Baru Sudah Di Lalui

SWARNANEWS.CO.ID, PALEMBANG – Jelang akan diresmikannya Jembatan Musi VI Palembang yang menghubungkan antara Seberang Ulu dan Ilir pada 30 Desember 2020 nanti, hari ini Senin (22/12/2020) Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Tata Ruang (PU BMTR) Sumatera Selatan (Sumsel) melakukan uji beban terhadap jembatan tersebut.

Pantauan dilapangan, terlihat sebanyak 24 mobil dump truck sudah terparkir di atas Jembatan Musi VI untuk dikerahkan melakukan uji beban di Jembatan Musi VI, yang menghubungkan Jalan Sultan Muhammad Masyur dengan Jalan KH Wahid Hasyim Palembang.

Kepala Dinas PU BMTR Sumsel, Darma Budhy mengatakan, bahwa untuk uji beban Jembatan hari ini dilakukan oleh pihak yang memang ahli di bidangnya, yakni pihak komite keselamatan jembatan dan terowongan jalan (KKJTJ) Jakarta.

“Polanya melakukan pembebanan menggunakan dump truck sebanyak 24 truck. Dengan kapasitas satu truck 40 ton. Di tengah sudah dipasang elektrik yang bisa dipantau menggunakan komputer jadi ketika ada pergerakan kendaraan akan terbaca,” katanya.

Selaku penanggung jawab Jembatan Musi VI, dirinya menjelaskan, untuk hasil dari uji beban ini akan keluar 1-2 Minggu kedepan, yang akan keluar sertifikat laik fungsi. Namun sembari menunggu hasilnya InsaAllah pada 30 Desember 2020 akan diresmikan.

“Kami sudah melaporkan ke gubernur, bahwa rencananya akan diresmikan 30 Desember 2020, pukul 19.30 WIB. Dipilihnya malam, karena Jembatan Musi VI ini kan dikenal dengan ikon keindahan lampunya,” jelasnya.

Lebih lanjut mantan Kadis PU kota Palembang ini menuturkan, bahwa saat peresmian Jembatan dengan panjang 925 meter, lebat 11,5 meter dan untuk dua lajur dua arah, masing-masing lebar 8,5 meter ditambah trotoar lebar 1,5 meter. Sedangkan tinggi terhadap permukaan air Sungai Musi 13 meter dan kapasitas muatan sumbu 8 ton akan dibuat hiburan bagi masyarakat.

“Nanti di Jembatan Musi VI ini akan ada hiburan untuk masyarakat berupa lampu-lampu jembatan yang akan dibuat semenarik mungkin seperti akan dibentuk huruf warna warni dan lain-lain,” tuturnya.

Teks : Iwan. /asri

!-- Composite Start -->

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait