UMKM Banyuasin Diberikan Pelatihan Kemasan Hasil Produksi

SWARNANEWS.CO.ID, BANYUASIN | Melihat keberadaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), memiliki peran penting dalam mendorong perekonomian masyarakat di masa pandemi Covid-19. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuasin melalui Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM, memberikan pelatihan kemasan produksi, berlokasi di Kantor Kecamatan Talang Kelapa.

Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Erwin Ibrahim mengatakan, pihaknya mengharapkan hasil produksi dapat menjadi kebanggaan masyarakat Banyuasin.

Tujuan utamanya agar dapat diikutsertakan dalam gelar pameran dan ajang nasional. Khususnya mengenai ragam pengolahan produk dari UMKM, dimana produk UMKM memenuhi syarat keamanan pangan dan memiliki sertifikat keamanan pangan dan izin PIRT.

“Kita tentunya diharapkan dapat meningkatkan kreatifitas dan inovasi produk oleh pelaku usaha, dimana saat ini telah banyak produk-produk dari daerah lain membanjiri dan memenuhi pasaran, tentunya pemerintah memberikan dukungan terhadap kemajuan UMKM, terus mendorong semangat UMKM untuk tumbuh dan berkembang,” tegas dia, Kamis (25/11/2020).

Sementara itu, Bupati Banyuasin, Askolani menegaskan, sektor UMKM merupakan bagian program visi-misi Bupati dan Wakil Bupati Banyuasin menuju Banyuasin Prima.

“Kita sangat berharap UMKM dituntut untuk dapat bersaing baik dalam hal kreatifitas produk, kemasan produk dan hingga jaringan pemasaran maka itu di berikan pelatihan,” tegas dia.

Terkait UMKM, Ketua TP PKK Kabupaten Banyuasin Fitriyanti Askolani mengatakan, para pelaku UMKM dalam menjalankan usahanya banyak mengalami kendala, diantaranya kendala permodalan, perizinan produk, teknologi pemasaran dan manajemen usaha.

Oleh karena itu Pemerintah Kabupaten Banyuasin terus mendorong keberadaan dan peningkatan perkembangan usaha bagi UMKM, sehingga pada tahun 2020 ini Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM bekerjasama dengan Tim Penggerak PKK Banyuasin menyelenggarakan pelatihan fasilitasi permasalahan proses produksi dan pelatihan kemudahan izin bagi UMKM.

“Kita tahu Ini sebagai sumbangsih peningkatan keuangan serta pemicu awal dalam pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Banyuasin. Nantinya hasil produksi dari UMKM telah memenuhi syarat keamanan pangan, memiliki izin PIRT dan kemasan yang baik sehingga dapat dijual pada PKK Mart,” ungkapnya.

Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan informasi dan wawasan kepada UMKM, mengenai bagaimana upaya yang dilakukan dalam mengembangkan usaha yang dimiliki.

“Kita bersama-sama berbuat, terutama pada masa pandemi Covid 19 saat ini. Baik dari segi inovasi usaha kemasan produk yang baik dan permodalan usaha, PKK bersama Dinas Perdagangan berkomitmen akan menindaklanjuti dan mengupayakan memfasilitasi UMKM. Dalam mendapatkan sertifikat keamanan pangan, izin PIRT dan sertifikasi halal bagi produk UMKM,” pungkas dia. (*)

Teks : Nasir
Editor : Maya

!-- Composite Start -->

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait