Vaksinasi Moderna mRNA Pacu Ketahanan Tubuh

SWARNANEWS.CO.ID, PALEMBANG – Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Sumatera Selatan (Sumsel) menilai, adanya Vaksinasi Booster (Vaksin ke tiga) jenis Moderna mRNA yang diberikan kepada tenaga kesehatan (Nakes), dapat menambah ketahanan daya tubuh.

“Perlindungan pemberian vaksin kepada nakes sangat penting. Karena nakes sebagai garda terdepan yang sangat rentan terpapar Covid-19,” ujar Ketua IDI Sumsel, dr Rizal Sanif, Rabu (4/8/2021).

Rizal menambahkan, pemberian vaksin jenis Moderna mRNA kepada nakes ini juga sebagai booster untuk memperkuat vaksin sebelumnya. Karena vaksin jenis Sinovac yang diberikan sebelumnya hanya 70 persen untuk menahan daya tahan tubuh.

“Adanya vaksin Moderna ini diharapkan dapat menambah daya kekebalan tubuh, memperkuat pertahanan tubuh,” harap dokter kandungan ini.

Namun, jika nakes terpapar maka akan mempengaruhi pelayanan covid-19 karena tenaga berkurang.

“Tentu kalau ada yang terpapar maka akan ada tenaga berkurang karena itu kita lakukan vaksinasi ini sangat penting agar mereka terlindungi,” jelasnya.

Diberitakan sebelumnya, RSMH Palembang kembali melakukan vaksinasi ke 3 bagi 130 orang tenaga kesehatan (Nakes) RSMH di lantai 3 MCU Graha Eksekutif RSMH Palembang, Rabu (4/8/2021) pagi.

Pemberian dosis vaksin Modern mRNA ketiga yang ditujukan bagi Nakes ini sesuai ketentuan yang dimuat dalam Surat Edaran HK.02.01/I/1919/2021 dari Kementerian Kesehatan tentang vaksinasi dosis Ke 3 bagi seluruh tenaga kesehatan.

Dirut RSMH Palembang dr. Eko Sunaryanto menjelaskan, tujuan dari vaksinasi ketiga bagi nakes ini adalah untuk memberikan kekebalan daya tahan tubuh bagi nakes yang melakukan pelayanan di area-area yang terpapar virus Covid-19.

“Kita berharap seluruh nakes yang melaksanakan vaksinasi ini dapat mengikutinya, mengingat mereka semua diperlukan tenaganya untuk pasien covid yang makin hari makin meningkat,” jelasnya saat meninjau vaksinasi. (Nat)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait