Walikota Lubuklinggau Bina Kerukunan Umat Beragama

SWARNANEWS.CO.ID, LUBUKLINGGAU | Wali Kota Lubuklinggau, H SN Prana Putra Sohe setelah memimpin upacara Senin sekaligus sebagai penutup akhir tahun di lapangan Pemerintah Kota Lubuklinggau, menyampaikan tentang pentingnya kerukunan umat beragama. Kegiatan itu dilaksanakan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Lubuklinggau, Senin (30/12).

‘Pertemuan hari ini adalah untuk membuktikan apakah indeks kerukunan umat beragama di Kota Lubuklinggau. Sebagaimana diketahui bahwa Lubuklinggau adalah kota yang masyarakatnya terdiri atas berbagai lintas agama. Alhamdulillah, waktu massa reformasi sampai dengan sekarang di Kota Lubuklinggau kondusif,” ujar Walikota

 

Walikota juga mengatakan,  yang kita harapkan saat ini adalah meningkatkan kebersamaan, seperti hadirnya lembaga keagamaan yang semakin banyak dan aktif. Komunitas di Lubuklinggau juga banyak, ada komunitas motor, komunitas mobil, komunitas burung dan lain sebagainya. Inilah yang membentengi kota Lubuklinggau, adalah komunitas-komunitas ini. Bayangkan kalau pemerintah tidak penuh perhatian dengan masyarakatnya, mungkin akan banyak aliran-aliran sesat masuk ke Kota Lubuklinggau. Selanjutnya setelah terbangun komunitas-komunitas ini, adalah menseleksi anggota-anggota yang masuk agar bisa menjaga internal komunitas yang ada. Dulu, mungkin organisasi, komunitas, lembaga yang ada hanya nama saja atau bersifat semu saja, tetapi sekarang sudah menjadi penggerak dalam masyarakat.
Kita harus menjaga toleransi bukan hanya dengan kata-kata, tetapi juga dengan perbuatan.

Nanan pangilan akrab di masyarakat kota Lubuklinggau juga berpesan untuk Lurah-lurah yang hadir dalam kegiatan, bahwa sebagai ujung tombak pemerintah di masyarakat untuk selalu berkoordinasi dengan masyarakat, kemenag, dan ormas yang ada dalam menjaga kerukunan umat beragama di Lubuklinggau.

 

Ketua FKUB Kota Lubuklinggau, Ismuridjal Umar mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan Laporan hasil survei indeks kerukunan umat beragama di kota Lubuklinggau tahun 2019 dan dialog lintas agama. Sejauh mana tingkat kerukunan umat beragama di Lubuklinggau bahwa no 1 di wilayah Sumatera Selatan dan urutan 53 secara nasional. Bukan hanya sekedar klaim tetapi juga secara ilmiah. Adapun sebagai Narasumber dan Peneliti kegiatan adalah Muhammad Yunus yang juga merupakan Ketua Lembaga Pengabdian Masyarakat Sekolah Tinggi Agama Islam Bumi Silampari Lubuklinggau.

Teks: Supriadi

Editor: Sarono PS

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait