Wartawan itu Profesi Mulia

SWARNANEWS.CO.ID, Palembang | Oknum Camat di daerah Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan dinilai melecehkan profesi wartawan dengan menyebutnya sama seperti bandar narkoba melalui postingan Facebooknya. Mirisnya ini terjadi di bulan Kebebasan Pers Sedunia yang diperingati setiap tanggal 3 Mei, lalu.

Calon Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Nomor Urut Tiga (3), Ishak Mekki menyesalkan peristiwa tersebut. Menurutnya wartawan itu profesi yang strategis atau sebagai pilar keempat demokrasi.

“Wartawan itu profesi mulia. Mereka membantu rakyat mengawasi jalannya pemerintahan agar kebijakan pro rakyat,” kata Ishak, Selasa malam (8/5).

Mantan Bupati Ogan Komering Ilir dua periode itu yang kini didukung Demokrat, PPP dan PBB meminta kepada seluruh pihak, khususnya pemerintahan untuk mendukung kinerja wartawan. Caranya mempermudah mereka untuk mengakses informasi, bukan mempersulitnya.

Kini pun, kata Ishak tugas wartawan bertambah, yakni membantah berita bohong atau hoaks, ujaran kebencian, fitnah dan sebagainya. “Pejabat pemerintah dan masyarakat dapat mendukung melalui menggunakan media sosial dengan bijak, tidak sembarangan menulis atau menyebarkan postingan di media sosial,” tegasnya.

Disela sosialisasi nya di Kabupaten OKU Selatan, pasangan dari Yudha Pratomo Mahyuddin itu pun mengucapkan Selamat Hari Kebebasan Pers Sedunia untuk seluruh wartawan di Sumsel. “Semoga kompetensi wartawan semakin meningkat, seiring dengan demokrasi dan ekonomi sumsel yang lebih baik,” pungkas Ishak.

editor : Sarono ps

sumber : detiksumsel.com

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait