Waspada Hutan Omiba Baturaja Dijelajahi “Raja Hutan” Sumatera

SWARNANEWS.CO.ID, OKU TIMUR |Beredar kabar dari group WhatsApp munculnya sosok Harimau Sumatera di  Jalur Lintas Martapura -Baturaja dari hutan Objek Militer Baturaja (Omiba) sebelum perlintasan rel kereta api Kota Martapura Kabupaten OKU Timur.

Diceritakan Ervin Natakusuma (30) PNS di  OKU Timur ini, sangat kaget ketika melihat sosok Harimau besar yang tiba-tiba keluar dari hutan Omiba dan menyeberangi jalan lintas Sumatera tersebut secara mendadak.

Hal ini adalah ketiga kalinya ia melihat harimau seperti  itu melintasi jalan lintas Sumatera tersebut dalam tahun yang berbeda yaitu tahun 2014, 2015 dan  2018.

“Sontak Ervin bersama rekannya terpaksa menghentikan laju mobilnya dan sempat mengabadikan foto satwa langka ini menyeberang ke arah hutan Musi Hutan Persada (MHP).

Peristiwa tersebut  terjadi pada hari Jumat (2/3) sekira pukul 18.30 wib tepatnya di area berjarak 200 meter sebelum perlintasan rel kereta api Martapura”, ujarnya.

Menurut cerita Ervin, hal ini bukan pertama kalinya ia melihat dan bertemu dengan harimau secara langsung.

Pada tahun 2014 lalu saya pernah melihat dan nyaris berpapasan dengan harimau seperti ini di jalan lintas pada pukul 19.00 WIB usai pulang dari kantor. Saat itu saya tengah mengendarai sepeda motor.

Begitu melihat sosok harimau yang besar tersebut tengah melintas saya memperlambat laju kendaraan. Saat itu di pikiran saya cemas, takut diserang dan gugup menghantui perasaan saya, tambahnya.

“Untunglah ketika melihat cahaya datang sang harimau tersebut melompat cepat ke arah hutan. Memang saat itu banyak juga hewan seperti babi juga tengah melintasi jalan tersebut,” katanya.

Begitu juga di tahun 2015 Ervin kembali melihat Harimau Sumatera ini melintasi jalan raya. Kemungkinan habitat hewan ini terganggu,dan akhirnya menampakkan diri di sekitar ruas jalan lintas Sumatera Baturaja-Martapura.

Ervin berpesan dari pengalamanya ini, jika tanpa sengaja bertemu dengan harimau,  biarkan sinar kendaraan menerangi ,karena Harimau tidak menyukai kilauan sinar dan segera pergi berlalu.

Sumber: Anterosumsel

Editor: Sarono PS

 

 

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait