Pengenalan Dunia Kampus UBD, Herman Deru Berikan Kuliah Umum

 

PALEMBANG – Gubernur Sumsel memberikan kuliah umum pengenalan kehidupan kampus mahasiswa baru tahun akademik 2021-2022 bertempat di aula Kampus Utama Bina Darma, Senin (27/9/2021).

Gubernur Sumsel mengatakan, dia sempat awalnya tidak percaya diri memberikan kuliah umum. “Saya bukan dosen tapi saya diminta memberikan materi dari perspektif saya. Saya basicnya sarjana hukum. Kalau orang kuliah sarjana selama 4 tahun. Saya kuliah 10 tahun, jadi saya lebih komprehensif dibandingkan yang kuliah 4 tahun.

Saya kuliah sarjana strata satu dalam waktu 10 tahun, karena saya harus mencari nafkah untuk keluarga, berbagi waktu untuk kuliah tapi itu saya jalani. Di perspektif tertentu saya dinilai mahasiswa abadi, lama tamat. Tapi disisi perspektif lain saya lebih banyak mendapat pengalaman. Tapi ini tidak perlu ditiru, kalau bisa tamat tepat waktu ya selesai tepat waktu,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Deru menghimbau agar semua harus memiliki obsesi namun harus terukur. Menakar cita cita itu harus terukur, harus tinggi. Kita harus ada cita-cita sejak dini. Ukuran sukses itu ada dua yakni ada dari sisi materi dan sisi kemanfaatannya. Tapi ada yang mengukur kesuksesan dengan harta.

“Kita mau jadi leader atau karyawan. Saat sekolah inilah, ketahuilah potensi.Targetnya apa, tentukan dari sekarang. Tidak ada profesi yang tidak terhormat, tapi kadang ada yang mengukur kesusksesan dari harta. Jadi tentukan takaran kesuksesan anda,” katanya.

Dalam kesempatan itu, Deru mengungkapkan, untuk meraih kesuksesan tidak boleh memaksakan kehendak dengan orang lain. Itu tidak boleh.

“Setelah kita tahu potensi diri kita. Kerjakan dengan sungguh sungguh atau kato wong Palembang itu seniman. Keberhasilan orang sungguh sungguh itu jauh lebih besar, daripada yang menerima apa adanya,” paparnya.

“Saya dari kecil terobsesi jadi bupati. Waktu saya kelas 1 SD, ada bupati yang berkunjung kerumah orang tua saya, dan bermalam.Saya liat hebat nian wong ini, orang berbaris baris menunggunya. Saya liat mobilnya bagus, dan wangi. Sejak saat itu saya bercita-cita ingin menjadi bupati,” ucapnya.

“Untuk meraih cita-cita itu, saya pernah gagal. Saya untuk jadi bupati kalah 2 kali. Tapi saya tidak pernah menyerah dengan obsesi saya. Dengan tekad yang kuat dan sungguh sungguh, akhirnya obsesi saya menjadi Bupati tercapai,” bebernya.

Deru berpesan, agar jangan mudah  melihat orang. Jangan mudah salut dengan orang. “Kita juga jangan mudah merendahkan orang, ini penyakit star sindrom. Akibatnya berbicara dan berbuat tidak terkontrol, merasa paling sukses. Hidup sekali, jadi harus semangat.

Bacalah stori orang sukses,mereka rata-rata pernah merasakan kegagalan. Jangan pernah takut dengan kegagalan. Kegagalan itu bisa saja tangga menuju kesuksesan,” katanya.

Sementara itu, Rektor Universitas Bina Darma, Dr. Sunda Ariana,M.Pd.,M.M mengatakan, pandemi berdampak pada pendidikan dan mahasiswa.

“Alhamdulilah Pemprov membantu mahasiswa kami sebanyak 900 orang mahasiswa yang dibantu. Mereka mengucapkan terima kasih, dibantu pembayaran SPP di Bina Darma. Ini bentuk kepedulian bapak Gubernur di bidang pendidikan,” ujarnya.

Lebih lanjut, Sunda menuturkan, mahasiswa yang mengikuti kuliah umum ini ada yang secara tatap muka, daring, streaming.

“Di tahun ajaran baru ini kita menerima sekitar 1.200 mahasiswa baru dari Sumsel bahkan dari luar Sumsel seperti dari Papua, Kaltim, Bengkulu, Jambi, Medan, Jakarta, Yogyakarta. Ini menunjukkan mahasiswa Bina Darma berasal dari seluruh Indonesia,” bebernya.

“Kita juga melaksanakan Tri Darma Perguruan Tinggi yakni pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Total mahasiswa 7.000 mahasiswa dan sekitar 300 dosen,” tandasnya.

Dalam kesempatan itu, Rektor Universitas Bina Darma mempersembahkan satu karya
Sistem Informasi Desa Pintar itu akan memunculkan program unggulan desa atau kelurahan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *