Kembangkan Pariwisata di Palembang, Siap Songsong Asian Games

SWARNANEWS.CO.ID, PALEMBANG | Dinas Pariwisata Kota Palembang  gencar  memperkenalkan pariwisata yang ada di Kota Palembang sekaligus memeriahkan Asian Games yang akan datang di Kota Palembang.

Tiap tahun Dinas Pariwisata Kota Palembang mempunyai kegiatan khusus setelah hari raya Idul Fitri, dan kali ini acara yang diberi tema Halal Bihalal  diadakan di kediaman pribadi Babe Herlan (Staff Ahli Dinas Pariwisata Kota Palembang) Rabu (20/6/2018) pada pukul 15.30 Wib di Komplek Kelapa Gading Permai No. 1 Km. 9 Palembang.

Acara yang dihadiri oleh hampir seluruh assosiasi pelaku pariwisata di Sumatera  Selatan ini berjalan dengan lancar.

“Acara seperti ini memang tiap tahun sudah kita setting setiap habis lebaran kita adakan hallal bihalal. Kita kumpulkan semua pelaku pariwisata di Sumatera Selatan. Seluruh assosiasi pariwisata kita ajak silaturahmi  sekaligus konsolidasi bagaimana caranya agar pariwisata kita ini berkembang maju,” ujar Babe.

Menurut Babe Herlan ada sekitar 11 assosiasi pariwisata,  jajaran dan perwakilannya berkumpul di acara tersebut.

“Acara ini dihadiri sekitar 11 Assosiasi pelaku pariwisata yakni GIPI, PHRI, BPPD SUMSEL, ASPPI, ASATI, ASTINDO, APJI dan beberapa lainnya. Dinas Pariwisata juga kita ajak kumpul di sini karena kita harus bekerjasama antara Dinas Pariwisata Kota Palembang, pelaku pariwisata, media, komunitas dan akademis,” tambahnya.

Herlan juga sangat berharap dengan seluruh komponen bersinergi seperti ini pariwisata tambah maju, khususnya Kota Palembang karena kota yang lainnya cukup jauh, tapi menurut Herlan tidak menutup kemungkinan di tahun- tahun mendatang  diusahakan seluruh wilayah pariwisata di Sumsel akan dikembangkan.

Bicara peningkatan omset yang didapat dari Pariwisata Kota Palembang Herlan menerangkan bahwa telah terjadi peningkatan yang luar biasa. Banyak yang bisa kita lihat dari pengunjung hotel dan restoran yang hari- harinya dipenuhi pengunjung untuk beristirahat sehabis berpariwisata dan itu menandakan pengunjung begitu ramai.

“Kita bisa lihat dari hasil akhir PAD dari tahun sebelumnya sekitar delapan ratus milliyar dan sekarang satu trilliyun rupiah. Itu luar biasa kan, artinya itu sumber pendapatan utama dari pariwisata, sementara pajak pariwisata itu sendiri pertahun Rp160 milliyar pertahun dan restaurant  60 milliyar rupiah per tahun,” katanya.

Sementara jika dilihat  kesiapan Dinas Pariwisata Kota Palembang dalam menyambut Asian Games Kota Palembang sudah benar-benar siap. Dimulai dari destinasi wisata dan kuliner hal ini menurut Herlan dibuktikan dari keprofesionalan koki- koki yang ada di Indonesia yang kemampuannya luar biasa untuk menyajikan makanan untuk turis- turis.

Wisatawan juga akan diarahkan untuk tempat- tempat belanja jika ingin membeli souvenir sehingga tak menyulitkan turis warga negara asing. Ini juga  memberikan peluang usaha pada pedagang- pedagang Indonesia terlebih Herlan berpendapat dan mengatakan bahwa untuk apa diadakan Asian Games jika ekonomi masyarakat melemah.

Teks/Foto: Ridho Kurniansyah

Editor: Sarono PS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 komentar