Lakukan Pencegahan, Bawaslu Gelar Sosialisasi

SWARNANEWS.CO.ID, PALEMBANG | Sebanyak 360 peserta mengikuti Sosialisasi Pengawasan Partisipatif Bersama Stakehokder Pada Pemilu 2019, yang digelar Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) Kota Palembang, di Hotel Horison, Senin (24/12/2018).

Ketua Bawaslu Kota Palembang, M Taufik mengatakan, kegiatan ini diadakan dalam rangka melakukan upaya-upaya pencegahan.

“Ada tiga faktor dilakukan Bawaslu yakni melaksanakan kegiatan, Pengawasan dan penindakan pelanggaran apabila terjadi temuan dilapangan,” ujarnya.

Dijelaskan Taufik, saat ini, masa bagi Bawaslu adalah pencegahan dengan melakukan kegiatan sosialisasi partisipatif. Dimana tujuannya untuk mengajak semua warga negara Indonesia khususnya tokoh agama, masyarakat, Pemuda, Mahasiswa untuk berperan aktif dalam rangka ikut mengawasi pelaksanaan Pemilu 2019.

Sebagai warga negara Indonesia kita diberikan hak untuk memilih dan dipilih serta mengawasi Pemilu dan Pilkada.

“Insyaallah, pelaksanaan pemilu bisa berjalan dengan lancar, berintegritas dan bermartabat serta dapat mengulang sukses Pilkada 2018 kemarin. Tidak ada konflik, permasalahan atau kerusuhan sehingga pelaksanaan pemilu bisa menghasilkan dan diterima semua lapisan masyarakat,” terangnya.

Ditempat sama, Dandim 0418 Letkol Inf Honi Havana  mengatakan, Pemilu adalah mekanisme sah memilih pemimpin. Kebutuhan adanya pemimpin yang amanah dan kompeten sangat dibutuhkan. Sangat penting pemilu, karena tanpa pemimpin tidak bisa mencapai tujuan bangsa.

“Kita berharap partisipasi aktif dari seluruh stake holder agar Pemilu berjalan aman. Untuk mencapai kesejehtaraan dan kemakmuran bangsa Indonesia. TNI dan Polri 100 persen netral,” ujarnya.

Demi untuk mensukseskan pemilu 2019. Dandim 0418 mengajak masyarakat Sumsel sambut pemilu 2019 dengan sukacita dan penuh semangat sehingga berjalan dengan aman dan damai,” tutupnya.

Teks : Herwanto
Editor : Sarono PS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *